Jawaban Interview Job Virtual Assistant Syamsul Alam


Overview Job Description, Kompensasi, dan Waktu Kerja


Pertanyaan:
  1. Apa yang diharapkan dari Anda sebagai VA nanti?
  2. Puaskah anda dengan imbalan yang ditawarkan kepada anda? Terlalu banyak kah? Terlalu sedikit kah? Kenapa?
  3. Antara rentang waktu jam berapa hingga jam berapa kira-kira anda bisa membantu sebagai VA?

Jawaban :

Saat ini Mas Syamsul Alam sedang punya goal, di pertengahan 2015 nanti harus sudah bisa punya penghasilan 365 juta/bulan. Dan untuk mencapai itu diperlukan lah yang namanya kaderisasi agar Mas Alam bisa naik ke level yang lebih tinggi.

Artinya, dalam bisnis saat kita mau naik jabatan maka kita juga harus mampu mengisi spot kosong yang akan kita tinggalkan. Dan kalau bisa orang yang menggantikan kita nanti, sama kuatnya dengan saat kita masih berada di posisi tersebut. Untuk itulah Mas Alam butuh bantuan Virtual Assistant (VA) yang terbaik.

Saya pribadi sangat senang sekali jika bisa mendapat kesempatan untuk menempati posisi VA tersebut. Tidak pun Mas Alam motivasi saya lewat video diatas tadi, dari awal saya memang sudah sangat antusias sekali pengen belajar banyak dari Mas Syamsul Alam. Jadi bagi saya, ini adalah sebuah kesempatan dan sekaligus peluang yang besar. Insya Allah, nanti saya siap membantu apapun demi untuk mewujudkan impian-impian Mas Alam. :D

Pada intinya tugas seorang Virtual Assistant adalah untuk membantu menyelesaikan project-project yang ada. Misalnya seperti salah satu project "100 Toko Online dengan penghasilan 5 juta/bulan". Nantinya seorang VA harus bisa mengerjakan setiap tugas yang diberikan Mas Syamsul Alam untuk bisa mencapai goal yang dituju. Seperti :
  • Menyiapkan hosting
  • Custom Domain
  • Membuat situs Wordpress
  • Install plugin-plugin
  • Memilih Theme yang sesuai
  • Optimasi On Page
  • Membuat situs Web 2.0 (dummy)
  • Menulis konten unik dan relevan
  • Membangun Backlink
  • Nge-blast comment dengan scrapebox
  • Membuat akun gmail
  • Submit di Social Bookmark
  • Membuat akun media sosial
  • Membuat channel Youtube
  • Dan saya yakin masih banyak lagi yang lain. :)
Itulah sebabnya syarat utama bagi VA adalah harus mudeng SEO.

Setiap VA akan diberikan 4 macam tugas setiap hari. Kerjanya secara partime selama 4 jam dalam satu hari, mulai dari Senin - Sabtu. Setiap tugas nantinya akan diberikan dari situs asana.com. Dari sana VA juga bisa saling terhubung dengan Mas Syamsul Alam. Setiap tugas selesai kita tinggal centang pada list job tersebut. Dan misalkan ada tugas yang tidak selesai dalam sehari, maka VA harus segera melapor.

Untuk imbalan, karna saya pun masih sebagai mahasiswa (jomblo) saya rasa 1,2 juta/bulan itu masih tergolong cukup. Kecuali kalau nanti saya sudah nikah, gaji segitu mungkin udah terasa sangat sedikit sekali. Hehehe.. :D

Tapi iyaa gak masalah. Justru kesempatan untuk bisa jadi VA ini jauh lebih berharga. Karna toh kedepan saya juga masih punya target impian saya sendiri. Dengan ilmu yang saya dapat saat menjadi VA nanti, mudah-mudahan bisa lebih membantu saya untuk melancarkan usaha di dunia Online. Insya Allah tahun depan sebelum saya wisuda, saya target sudah punya penghasilan sendiri 15 juta/bulan. Aaamiin.. (mohon doanya juga yaa mas)

Untuk jam kerja, kalau boleh milih saya bisanya mulai jam 19.00 - 23.00 WIB. Karna kalau pagi sampai siang saya masih harus kuliah. Toh kalau pun nanti diperlukan, saya siap bantu Mas Alam di jam berapa pun selain dari jam 7.00 - 14.00 WIB. Begadang juga boleeh.. hehehe.. ^_^



Overview Job VA Blast Comment dengan Scrapebox di VPS

blast-comments-scrapebox-virtual-assistant-syamsul-alam
Pertanyaan :
  1. Apa tahapan yang anda lakukan dalam melakukan blast comment melalui Scrapebox?
  2. Pernahkah anda memiliki pengalaman dengan VPS? Menurut anda, bisakah anda nanti menjalankan Scrapebox di VPS seperti demonstrasi dalam video?
  3. Saat blast komen dengan Scrapebox, ada lima hal yang perlu disiapkan. Nama, Email, Komen, Website, dan Daftar Blog. Dari lima hal tersebut, apa yang paling lama dalam persiapannya? Kenapa?

Jawaban :

Untuk bisa melakukan blast comment kita akan melalui tahapan sebagai berikut :

  • Misalkan topik situs kita adalah Baju Distro Murah
  • Custom Footprint, pada kolom Harvester sesuaikan dengan topik dan URL yang mau dicari
  • Keyword Scraper, pada tahap ini kita akan mencari banyak suggested keyword untuk digunakan. Setelah kita hapus yang duplikat kemudian tinggal kirim ke scrapebox.
  • Gunakan Proxy, ini perlu supaya kita bisa mencari lebih banyak URL tanpa harus dibatasi oleh Google dan bisa menghemat waktu. Kita juga perlu menentukan Search Engine apa yang mau digunakan untuk nge-harvest.
  • Harvesting URL, setelah tombol use proxy dicentang kita tinggal klik start harvesting. Hasilnya akan digunakan untuk daftar blog yang akan dikirimi komentar.
  • Grab Comments, pada tahap ini kita akan mengambil komentar yang ada dari list URL.
  • Filter Comments, disini kita akan hapus komen spam untuk mendapat komentar yang berkualiatas bagus.
  • Manage Links, ini perlu untuk menghapus URL atau domain dari harvested yang ada duplikat.
  • Transfer List URL's, setelah tidak ada yang duplikat kita transfer untuk dijadikan daftar blog komentar.
  • Siapkan Nama, Email, Website, Daftar Komen dan Daftar Blog 
  • Blast Comment, sebelumnya kita bisa test dulu jika sudah bagus baru mulai posting.

Saya rasa tugas ini cukup mudah. Karna prinsipnya sebenarnya hampir sama seperti ketika kita ingin mencari backlink secara manual menggunakan Google. Cuman lagi dengan bantuan scrapebox ini kita bisa melakukannya dengan lebih cepat dan bisa dapat jumlah yang banyak sekaligus.

Saya belum pernah nyoba VPS secara langsung, tapi setidaknya saya sudah pernah belajar tentang cara penggunaannya. Jadi iyaa saya rasa saya bisa melakukan seperti apa yang didemonstrasikan. :D

Dan yang paling lama dalam persiapan saat kita ingin ngeblast komen ini adalah pada tahapan filter komentar. Karna kita harus cek betul-betul setiap komentar supaya yang kita post nantinya bukan komentar spam. Jadi lebih besar kemungkinan komentar tersebut untuk melewati moderasi oleh admin blog yang dikomen. Intinya semakin terlihat natural yaa semakin bagus. ^_^



Overview Job VA Edit CSS dengan Firebug & ColourLovers


Pertanyaan:
  1. Seperti yang sudah didemonstrasikan sedikit lewat video, silakan edit CSS Google.com, 
  2. Buat background menjadi PINK, buat navbar atas menjadi ORANGE, hilangkan logo Google di tengah, ubah text di tombol “Google Search” dan “I’m Feeling Lucky” menjadi text apapun terserah anda. 
  3. Buat screenshot atas hasil anda dan letakkan di post anda.
Jawaban :

Bagian ini adalah job yang paling saya suka. Karna memang saya lebih sering ngecoding ketimbang nyepam komentar. Saya sangat hobi mengotak-atik tampilan suatu situs. Jadi seperti yang biasa saya lakukan, untuk mengerjakan ini saya lebih suka pakek Google Chrome dan tanpa Firebug. Karna Chrome sendiri sudah punya Developer Tools yaitu dengan pilihan Inspect Elemen (F12).

Berikut hasil Edit CSS versi saya :

job-virtual-assistant-syamsul-alam-edit-css-google

Oh yaa, disitu saya ada pasang logo blog saya. Gak papah kan Mas?? heheh..
Habisnya saya lihat jelek kalau gak ada logo apa-apa. Tapi intinya kan tetep sama sesuai dengan instruksi yang Mas Alam mau, yaitu logo Google-nya dihilangkan. :)

Kalau Mas Alam mau lihat demo live-nya, coba kunjungi alamat di bawah ini :





Overview Job VA Bikin Web 2.0, Backlink, dan Konten

Pertanyaan :
  1. Sebutkan 7 situs social media yang anda tahu dan 5 situs web 2.0 yang anda tahu.
  2. Hal apa yang menurut saya perlu ada dalam web 2.0 untuk membuatnya mudah ranking?
  3. Bisakah anda menulis konten tanpa perlu melihat keyboard? Jika anda tidak bisa, minimal bisakah anda mengetik secepat anda memikirkan yang anda ketik?

Jawaban :

7 Situs sosial media yang sering atau pernah saya pakai :
Facebook.com
Twitter.com
Plus.Google.com
Bersosial.com
Linkedin.com
Pinterest.com
Instagram.com

5 Situs web 2.0 yang pernah saya coba :
Blogger.com
Wordpress.com
Tumblr.com
Weebly.com
Blog.com

Beberapa hal yang menurut saya bisa membuat web 2.0 mudah rangking adalah :
  • Penggunaan keyword yang sesuai target
  • Konten berkualitas dan relevan dengan minimal 400 - 700 kata
  • Penggunaan media tambahan (video, image dsb)
  • Optimasi On Page pada saat membuat konten (heading H1 - H3, alt tag dsb)
  • Penggunan template Fast Loading, Responsive dan SEO Friendly
  • Backlink yang berkualitas

Untuk menulis konten sebagai blogger saya sudah sangat sering. Jadi iyaa memang saya bisa mengetik tanpa harus melihat keyboard. Karna memang sudah terbiasa nulis di blog, dan saya pun juga pernah dapat job content writer di beberapa blog. Jadi saya rasa ini bukan hal yang sulit. Apalagi kalau nulis konten yang ngarang, mudah-mudahan saya bisa selesaikan dengan cepat tapi tetap bagus. :D

Oh yaa, ngomongin soal menulis konten saya juga bukan blogger COPAS. Jadi iyaa saya yakin bisa dengan mudah nyari ide untuk buat konten unik dan pastinya relevan dengan keyword yang ditarget untuk situs utama nantinya.


Pertanyaan Tentang Diri Anda Sendiri

  1. Kenapa anda ingin menjadi VA saya?
  2. Apa yang membuat saya harus mempertimbangkan anda?

Jawaban :

Kalau ditanya alasan kenapa saya mau jadi VA Mas Alam, jawabnya karna saya memang serius pengen belajar banyak di dunia Internet Marketing. Kemudian entah gimana saya bisa kenal dengan Mas Syamsul Alam waktu itu di Facebook.

Ditambah karna saya sering lihat status-status Mas Alam yang cukup banyak menginspirasi. Jadinya buat saya yakin dan percaya dengan Mas. Yaa intinya sih, saya ngerasa cocok dengan metode-metode pembelajaran yang Mas sampaikan entah itu lewat blog syamsulalam.net atau dari channel youtube Mas Alam.

Memang kemampuan SEO saya masih belum sesakti Mas Alam, tapi paling enggak dengan blog www.chaidir.web.id, saya juga bisa masuk pejwan untuk beberapa keyword yang pernah saya incar. Nantinya dengan menjadi VA Mas Alam, tentu akan menjadi kesempatan bagi saya untuk lebih banyak praktek SEO. :)

Apa yang membuat saya harus dipertimbangkan?

Salah satu yang paling bisa saya tonjolkan saat ini adalah di kemampuan coding. Saya bisa buat template blogger dan theme wordpress sendiri. Dan memang niche blog utama saya adalah Tutorial Blog. Jadi kalau untuk membuat blog web 2.0, ngotak-ngatik templatenya supaya jadi SEO friendly, ngotak-ngatik yang gak responsive jadi responsive, cloning template premium, sampai edit tampilan sesuai selera yang Mas Alam mau, saya BISA. :)

Sebagai bukti, berikut ini beberapa contoh yang kemarin pernah saya buat :
start.chaidir.web.id - Template Blogger Premium mirip Start Screen Windows 8.1
cari.chaidir.web.id - Situs mesin pencari custom google
responsive.chaidir.web.id - Tool untuk mengecek tampilan responsive design
info.chaidir.web.id/slide - Photo Slide dengan teknik CSS3 tanpa Script


Sekian jawaban interview dari saya. :)

Salam Semangat!!
admin@chaidir.web.id
Belum ada comments. Tambahkan Komentar?

Bagaimana menurut pendapat kamu?
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan sopan yaa. Terima kasih.