Gugup Berbicara Di Depan Umum

Gugup-Bicara-Di-Depan-Banyak-Orang
Kawan-kawan pernah gak disuruh untuk tampil berbicara di depan umum atau orang banyak?? Pasti pernah. Dan pasti pula masih banyak diantara kita yang sangat malas jika diminta untuk berbicara di depan umum. Biasanya sih orang beralasan gak mau berbicara di depan hanya karena takut dan kurang percaya diri. Padahal di dalam hati belum tentu berkata seperti itu.

Terkadang diri kita sebenarnya sudah ingin maju ke depan dan tampil, tapi entah kenapa kaki ini terasa sangat malas untuk melangkah. Begitu juga saat mau gak mau dipaksa untuk berada di depan umum. Seketika rasa-rasanya lutut pun seakan tidak mau diam saat berada di depan banyak orang. Bibir terasa kelu dan enggan mengucap kata-kata. Otak yang seakan sudah diatur malah mendadak susah untuk berpikir. Lalu kalau sudah begini tahu sendiri kan jadinya. Iyaa malu-maluin!! Hahaha.. ^_^

Kenapa saya selalu gugup tampil di depan banyak orang?

Sebenarnya itu hanya dikarenakan kita nya saja yang terlalu berlebihan. Kita terlalu membiarkan perasaan-perasaan takut itu berkeliaran di dalam diri kita sendiri. Padahal nih yaa, kalau lah kita tidak memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bakalan terjadi, alias cuek saja. Pasti dijamin kita pun tentunya akan merasa lebih tenang. Kuncinya iyaa hanya itu! Kuasai perasaan di dalam diri kita sendiri dulu. Percaya saja semua akan berjalan dengan baik. All is Well.. All is Well! :-D

Jika sudah begitu apa lagi yang harus disiapkan?

MATERI PEMBICARAAN

Banyak orang yang juga masih salah dalam hal mempersiapkan materi pembicaraan. Salahnya dimana? Iyaa salah kalau kamu terlalu fokus untuk menghapal naskah. Udah gak usah ribet-ribet. Cukup pahami saja betul-betul apa yang ingin kita sampaikan. Yang perlu kita ingat adalah point-point penting nya saja. Dan hanya itu yang perlu kita catat. Selebihnya biarkan lah otak kita yang melanjutkannya nanti. Istilahnya gunakan teknik Improvisasi (Pengembangan secara dadakan) itu lebih baik.

Kamu sebenarnya gak perlu kok banyak-banyak berlatih berbicara di depan kaca setiap hari. Bukannya apa , takutnya malah entar kamunya bukan latihan tapi narsis-narsisan sambil foto. -_- #hadeeuh ckckck.. Justru cara latihan yang baik adalah:
Sering-sering saja mencermati setiap pembicaraan atau percakapan kita sehari-hari. Kepada siapapun dimanapun dan kapanpun. Artinya persiapkan diri kamu mulai dari skala yang paling kecil dulu. Jika sudah paham, yakinlah skala yang besar sekalipun juga bisa kamu taklukkan!!
Sudah ada 4 comments. Tambahkan Komentar?

Bagaimana menurut pendapat kamu?
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan sopan yaa. Terima kasih.

  1. mencermati setiap pembicaraan..!
    Wah.. Jadi itu ada dampaknya ya mas.. Hehe... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ada donk.. Dengan sering mendengar tentu kita akan tertarik untuk berbicara!
      Sama seperti orang yang hobi membaca.. pasti akan ada pula rasa untuk menulis kan? ^_^

      Delete
  2. wakakakakak.. :D :D
    tips lainnya adalah sering-sering merhatiin gaya ngomong motivator gaul.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kalau udah begitu mungkin kita bisa ketularan gaul juga.. :-D

      Delete