Belajar Bukan Saat Ada PR

Bagi yang pernah duduk di bangku pendidikan pasti sering merasakan kebiasaan seperti ini. Bosan karna terlalu banyak PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan pihak sekolah kepada siswanya. Tujuannya mungkin memang supaya setiap siswanya mau lebih peduli terhadap pelajaran. Dan berharap saat di rumah mereka mau untuk mengulangi pelajaran. Kalau seperti itu pastinya setiap siswa akan lebih cepat pintar. Tapi apakah ini benar-benar terjadi? Sudah efisien kah cara seperti ini?

Faktanya malah banyak juga siswa yang jika terlalu berlebihan diberikan tugas atau pekerjaan rumah lebih cepat merasa bosan dan jenuh. Dan yang ada juga bisa membuat siswa menjadi terbebani. Bukan tidak mungkin ada siswa yang sampai stress hanya karna mikirin tugas dan nilai. Iya, apalagi kalau si guru mata pelajaran terlalu memaksa setiap siswa nya agar harus bisa mendapatkan nilai yang terbaik. Seakan-akan kalau tidak mengerjakan PR sudah langsung dicap sebagai orang bodoh. Dan salah sedikit juga dianggap belum pintar.

Belajar-Bukan-Saat-Ada-PR-saja
Apakah memang kita harus terus-terusan belajar sesuai dengan apa yang dituntut oleh guru-guru di sekolah? Sebenarnya tidak harus seperti itu! Belajar yang efektif justru apabila keinginan belajar itu datang dari dalam diri kita sendiri terlebih dahulu. Jika dimulai dengan paksaan maka sudah pasti hasilnya tidak akan tercapai dengan maksimal. Seharusnya sih saat di rumah siswa biarlah diberikan waktu untuk menilai diri nya sendiri. Biarkan saja mereka yang menentukan. Toh bukankah diri kita sendiri juga lah yang tahu pelajaran apa yang memang sangat kita butuhkan? Bukan tergantung guru seharusnya.

Intinya, jangan sampai hanya karna terlalu fokus mengerjakan tugas yang diperintahkan guru membuat kita membatasi keinginan untuk belajar hal yang lain. Padahal bisa saja seharusnya kita berbakat dibidang yang lain, tapi kita malah gak sempat untuk memperhatikannya apalagi melatihnya secara lebih serius.

Bukankah bidang atau bakat kita itu tidak selamanya ada tercantum di setiap mata pelajaran di sekolah? Makanya jangan heran setelah tamat dari sekolah pun masih banyak siswa yang bingung dengan dirinya sendiri. Sebenarnya saya ini berbakat apaan sih? Apa keahlian saya sebenarnya? Jadi, mulai sekarang juga biasakan lah untuk terus menggali potensi diri diluar apa yang sedang Anda pelajari di sekolah. Karna bisa jadi sebenarnya itulah kemampuan yang perlu Anda tingkatkan dan maksimalkan. :-D

Keberhasilan seseorang bukan bergantung pada dunia pendidikan. Karna dunia pendidikan tidak lebih hanyalah sebatas pendukung dan sarana. Untuk berhasil kita lah yang menentukan apa yang ingin kita capai di masa mendatang! ^_^
Sudah ada 2 comments. Tambahkan Komentar?

Bagaimana menurut pendapat kamu?
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan sopan yaa. Terima kasih.

  1. setuju pak, selamat pagi dan selamat beraktifitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Mbak Irma Senja.. :-)
      Selamat Beraktifitas.

      Delete